SoftSKill Pengenalan Teknologi Internet dan New Media II
Tugas Softskill
Soal
1.tuliskan perkembangan video game.
2.jelaskan platform dan bahasa pemrograman
untuk video game.
3.Jelaskan Mengenai Proses Produksi Musik
Digital.
4.Jelaskan Proses Distribusi Musik digital
5.Jelaskan Perkembangan Proses konsumsi musik digital.
Jawaban
1. Perkembangan Video Games
Game pertama di dunia
1972, pada saat
itu orang belum mengenal konsol atau game komputer, yang mereka tahu adalah
video game, yaitu sebuah permainan elektronik yang menampilkan gambar bergerak
(video). Sebuah perusahaan bernama Magnavox meluncurkan video game pertama,
yaitu Odyssey.
Magnavox Odyssey, konsol game pertama di dunia mengoperasikan
Pong.Tidak lama setelah itu sebuah game arcade legendaris Atari berjudul “Pong”
muncul. Pong merupakan sebuah game sederhana yang mengambil konsep permainan
tenis, satu bola dan 2 papan di kiri dan kanan, pemain sebisa mungkin harus
bisa mengembalikan bola ke daerah lawan. Atari merilis Pong dalam bentuk sebuah
mesin ding dong
Bernama
Sears.
1975, Magnavox menyerah dan menghentikan produksi Odyssey. Sebagai gantinya, mereka mengikuti jejak Atari, memproduksi mesin ding dong bernama Odyssey 100,
1975, Magnavox menyerah dan menghentikan produksi Odyssey. Sebagai gantinya, mereka mengikuti jejak Atari, memproduksi mesin ding dong bernama Odyssey 100,
yang
khusus menyajikan game Pong.
Game
Generasi kedua
1976, Fairchild mencoba menghidupkan kembali dunia
video game dengan menciptakan VES (Video Entertainment System). VES adalah
mesin pertama yang disebut ”konsol”. Konsol ini menggunakan kaset magnetik yang
disebut cartridge. Nah, konsep ini kemudian diikuti oleh beberapa produsen
lain, termasuk Atari, Magnavox, dan RCA, ketiga perusahaan tersebut juga
merilis konsol serupa. Fairchild VES,
pertama
di dunia yang menggunakan media cartridge.
1977, dunia konsol menjadi tidak populer, game-game yang ada
tidak berhasil menarik minat. Fairchild dan RCA mengalami kebangkrutan.
Praktis, hanya ada Atari dan
Magnavox
yang masih bertahan di dunia video game.
1978, Magnavox meluncurkan Odyssey 2, seperti halnya Odyssey
pertama, konsol ini pun gagal menjadi hit. Tak lama berselang, Atari
meluncurkan konsol legendaris, Atari 2600, yang terkenal dengan game Space
Invaders-nya 1980, berbagai produsen konsol muncul, dan mereka mengambil Atari
2600 sebagai konsep dasar, perkembangan
dunia
game pun semakin pesat.
1983, dunia video game kembali ambruk. Game-game yang kurang
kreatif membuat konsol kembali mendapat sambutan dingin, apalagi, PC saat itu
menjadi semakin canggih. Orang lebih memilih membeli PC ketimbang konsol video
game, selain untuk bermain, PC juga produktif untuk bekerja. Game-game komputer
(PC Game) semakin berkembang pesat, hingga saat ini. Pelopor PC ber-game saat
itu adalah Commodore 64, konsol sekaligus personal computer yang menyediakan tampilan
grafis 16-warna dan memiliki kapasitas memori jauh lebih baik dari konsol
videogame model apa pun.
Game Generasi ketiga
1983, perusahaan bernama Famicom (Jepang) menciptakan gebrakan baru, sebuah konsol bernama Famicom/Nintendo Entertainment System (NES) dirilis di akhir 1983. Konsol ini menampilkan gambar dan animasi resolusi tinggi untuk pertama kalinya. Setelah mendapat sambutan hangat di Jepang, Famicom memperluas pemasarannya ke Amerika,yang dikenal dengan NES (Nintendo Entertainment System). Nintendo memiliki chip pengaman pada cartridge game mereka, dengan demikian seluruh game yang akan dirilis haruslah seijin developer Nintendo. Dan akhirnya, muncul sebuah game legendaris, Super Mario Brothers, yang dibintangi karakter fenomenal yang tetap eksis hingga kini, Mario. Famicom dari Nintendo, berhasil merajai pasar videogame di era generasi ketiga.
1988, NES
mendapat sambutan hangat di seluruh dunia, dan sebuah perusahaan bernama Sega
mencoba menyaingi Nintendo. Sega merilis konsol next-generation mereka, Sega
Mega Drive (yang juga dikenal dengan Sega Genesis). Konsol ini menyajikan
gambar yang lebih tajam dan animasi yang lebih halus dibanding NES. Konsol ini
cukup berhasil memberi tekanan, tetapi NES tetap bertahan dengan angka
penjualan tinggi.
1990, Nintendo kembali menggebrak dengan konsol next-gen
mereka, SNES (Super Nintendo Entertainment System). Selama 4 tahun, Nintendo
dan Sega menjadi bebuyutan, meskipun ada
beberapa produsen seperti SNK dengan NeoGeo-nya, NEC dengan TurboGrafx-16 dan
Phillips CD-i, tapi kedua konsol mereka begitu handal dan populer.
Rivalitas yang legendaris, Super NES dan Mario Brothers sebagai ikonnya melawan
Rivalitas yang legendaris, Super NES dan Mario Brothers sebagai ikonnya melawan
SEGA
Mega Drive dan Sonic the Hedgehog sebagai ikonnya.
Game Generasi Kelima
Game Generasi Kelima
1990-1994, Sega dan Nintendo tetap bersaing. Berbagai game fenomenal dirilis. SNES menyertakan chip Super FX pada cartridge mereka, dan Sega menggunakan Sega Virtua Processor, keduanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas grafis dari game. Alhasil, SNES dan Sega saling beradu dengan game-game keren seperti Donky Kong Country (SNES) dan Vectorman (Sega). 1993, sebuah perusahaan ternama, Panasonic, merilis konsolnya yang bernama Panasonic 3DO. Ini adalah konsol pertama yang menggunakan CD sebagai pengganti cartridge. Harganya yang sangat mahal membuat konsol ini tidak populer, 3DO tidak bertahan lama dan harus segera menghentikan produksinya. Panasonic 3DO, konsol game pertama yang menggunakan media CD.1994, Atari kembali meluncurkan konsol baru untuk menandingi Nintendo dan Sega. Atari Jaguar jelas jauh lebih canggih ketimbang NES maupun Mega Drive, tetapi penggunaannya yang sulit menjadi batu sandungan, belum lagi, pada tahun yang sama, Sony merilis konsol super legendaris, PlayStation. Atari bangkrut dan akhirnya melakukan merger. Konsol basis CD yang pertama kali menuai sukses adalah Sony PlayStation. Konsol Jepang ini segera mendapat sambutan hangat, dan hingga saat ini, PlayStation sudah terjual ratusan juta unit. PlayStation yang juga disebut PS-One merupakan konsol terlaris sepanjang masa. Sega dan Nintendo tampaknya menyadari ketertinggalan mereka dari Sony. Sega kemudian merilis Sega Saturn, dan Nintendo mengeluarkan Nintendo 64.
Generasi
Keenam
Generasi keenam ini ditandai dengan munculnya konsol-konsol
game next generation dari masing-masing perusahaan seperti Sony,Sega,Nitendo
serta munculnya satu lagi konsol game baru yang diluncurkan oleh Microsoft yang
diberi nama Xbox. perang konsol game ini akhirnya mengakibatkan jatuhnya
perusahaan konsol Sega yang tidak dapat lagi meneruskan konsol next
generation(Dreamcast) mereka dan lebih memilih untuk berkonsentrasi dibidang
pembuatan game konsol.
Generasi Ketujuh
Dikarenakan semakin canggihnya teknologi di bidang teknologi
maka kemudian 3 perusahaan konsol terbesar(Sony, Nitendo, dan Microsoft)
mengeluarkan kembali konsol next6generation mereka keluaran terbaru. Sony
mengeluarkan konsol next6gen yang diberi nama PS3("Playstation3), lalu
Nitendo dengan Nitendo Aii kemudian Microsoft dengan Xbox 360. Pada generasi
ini semakin dikembangkan sistem permainan online atau permainan yang melibatkan
banyak pemain yang terhubung dengan konsol mereka dan semakin
ditinggalkannya permainan single player.
2.Platform dan Bahasa Pemrograman Pada
Video Games
java
Java
merupakan bahasa pemrograman yang paling populer. Bahasa pemrograman ini
digunakan untuk membangun aplikasi server-side untuk video game dan aplikasi
mobile. Java sendiri bukan hanya membangun sebuah software berbasis
desktop, namun juga berbasis web, mobile dan merupakan dasar utama dari
pengembangan aplikasi Android.
Bahasa
C
Dalam
mempelajari semua bahasa pemrograman, Bahasa C merupakan bahasa yang paling
dasar dan wajib dipelajari pertama kali oleh para programmer. Karena pada
dasarnya bahasa C merupakan dasar dari bahasa pemrograman lainnya. Bahasa
pemrograman ini baik ketika digunakan untuk membuat proyek kecil dan aplikasi
tingkat rendah. Bahasa ini banyak digunakan sebagai embedded system seperti di
televisi, sistem operasi dari sebuah pesawat, dan sistem operasi komputer.
C++
C++
merupakan bahasa tingkat menengah yang memiliki fitur pemrograman berorientasi
objek. Awal diciptakannya C++ adalah untuk meningkatkan bahasa sebelumnya yaitu
C. C++ merupakan kekuatan terbesar dari sebuah software terbesar, seperti
Firefox, Winamp, dan program Adobe. Bahasa pemrograman yang satu ini digunakan
untuk mengembangkan sistem perangkat lunak baik berupa aplikasi, server dengan
kinerja yang tinggi, aplikasi client dan video game.
C#
C#
(atau dibaca C Sharp) adalah sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk
mengembangkan perangkat lunak seperti aplikasi Microsof. Penulisan kode bahasa
pemrograman ini mirip dengan Java. Dapat digunakan pada pembuatan desktop
games menggunakan XNA, DirectX, atau Unity3D. Dapat juga digunakan untuk
membuat web games menggunakan Silverlight atau Unity3D. Contoh web game yang
dibuat menggunakan C# dan Unity3D adalah LiloCity dari Agate Studio.
Python
Python
adalah sebuah bahasa pemrograman penerjemah multiguna dengan filosofi
perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Bahasa Phyton
merupakan bahasa tingkat tinggi. Phyton menjadi salah satu bahasa pemrograman
yang membangun sebuah website dan aplikasi mobile. Bahasa phyton menjadi bahasa
pemorgraman yang cukup mudah bagi pemula, karena bahasa tersebut mudah untuk
dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami juga. Phyton menjadi sebuah
kekuatan dari aplikasi terkenal, seperti Instagram, Pinterest dan Rdio. Phyton
juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo! Dan juga NASA.
3. Proses produksi musik digital
Untuk
dapat memproduksi musik digital, ada 2 unsur utama yang perlu dikuasai yaitu :
1.
Penguasaan software MIDI yang digunakan. menggunakan Fruity Loop
2.
Teori Dasar Musik untuk Produksi Musik Digital Berikut ini Saya jelaskan
tentang bagaimana cara menyusun sebuah lagu.
a.
Melodi
- Tangga nada mayor, minor, blues, dll
- Alur melodi (melodi utama – reff)
- Menentukan lagu ada berapa
- Tangga nada mayor, minor, blues, dll
- Alur melodi (melodi utama – reff)
- Menentukan lagu ada berapa
b.
Acord / Kunci / Chord
setelah tercipta melodi, buat chord untuk mengiringi melodi tersebut.
setelah tercipta melodi, buat chord untuk mengiringi melodi tersebut.
c.
Ketukan
kembangkan ketukan yang digunakan dalam membentuk komposisi lagu.
kembangkan ketukan yang digunakan dalam membentuk komposisi lagu.
d.
Progresi Chord
susun progresi chord keseluruhan lagu dengan baik.
susun progresi chord keseluruhan lagu dengan baik.
e.
Pengembangan lagu
susun bagian-bagian lagu sesuai dengan hati nurani. hingga lagu terdengar baik dan bagus.
susun bagian-bagian lagu sesuai dengan hati nurani. hingga lagu terdengar baik dan bagus.
-
Bagian lagu
Intro – Melodi utama – reff – intrlude
Intro – Melodi utama – reff – intrlude
4.Distribusi Musik
Digital
Walaupun
terlihat cukup sederhana, akan tetapi pembuatan musik menggunakan media digital
tidak semudah yang kita bayangkan. Ada beberapa hal dasar yang harus dikuasai,
seperti apa saja komposisi sebuah musik, dan mengerti mengenai proses mixing
seluruh instrumen yang digunakan. Yang terpenting dalam pembuatan musik digital
adalah membuat ritme. Setelah ritmenya sesuai, batu dapat digabungkan dengan
komponen lain.
Banyak
musik yang dibuat melalui proses rekaman studio, lalu formatnya diubah menjadi
format digital. Ada beberapa faktor yang membuat penikmat musik lebih memilih
musik dalam format digital.
Seperti,
mudahnya mendapatkan musik dalam format digital, hanya dengan mengunduh, baik
secara gratis maupun berbayar, penikmat musik sudah mendapatkan musik yang
diinginkan. Dengan menggunakan media digital, penikmat musik juga dapat memilih
salah satu lagu yang ia sukai tanpa harus memiliki keseluruhan album.
Musik
dalam format digital juga dapat memberikan keuntungan bagi si pembuat musik.
Penjualan musik dalam bentuk nada tunggu (RBT) telepon seluler jauh lebih
menguntungkan dibandingkan harus menjual dalam bentuk CD atau kaset.
Selain
mendapatkan keuntungan dalam bentuk materi, pembuat musik juga dapat
memanfaatkan teknologi internet untuk menyebarluaskan karya mereka. Pembuat
musik dapat menyebarkan karyanya ke seluruh dunia, dengan cara mengunggah karya
mereka ke berbagai website jejaring sosial. Sudah banyak musisi Indonesia yang
berhasil manggung di luar negeri dengan cara seperti ini.
5.Proses
Konsumsi Musik Digital
1.Piringan Hitam
2.Kaset Pita
3.DAT
4.CD Player
5.MP3
6.Handphone / Smarthphone
Video
Tentang Perkembangan Musik Digital
https://www.youtube.com/watch?v=2bJwvxuKcCc
Komentar
Posting Komentar