Pengantar Web Science 4
Ekonomi Web
Pengertian
website adalah kumpulan informasi yang
berbentuk halaman-halaman elektronik atau web page. Sebuah website umumnya terhubung pada sebuah alamat
penunjuk yang spesifik. Alamat penunjuk tersebut dinamakan domain, misal Detik.com . Website pada umumnya
terdiri dari format teks, gambar, table, grafik, kutipan , video, musik,
dan format visual lainnya yang menarik bagi pengunjung website tersebut.
Sebuah website biasanya bisa diakses
secara umum. Kebanyakan website dapat diakses melalui public internet protocol
(IP) dalam sebuah jaringan internet. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa
website tersebut diakses secara offline melalui jaringan LAN.
Website bisa berupa website pribadi,
komersial, pemerintahan, dan website lainnya yang dibuat untuk kepentingan
profit maupun non profit yang dipublikasikan secara umum. Selain itu, website
juga dapat dibuat untuk tujuan khusus seperti misalnya untuk
hiburan, pendidikan, dan juga kepentingan sosial.
Ekonomi Web, Sesuai dengan namanya,
website ini digunakan untuk mempromosikan produk-produk untuk keperluan bisnis.
Di Indonesia, baik bisnis besar maupun kecil telah dipublikasikan secara
online.
Melaui website ini maka Anda
tidak perlu melangkahkan kaki meninggalkan kediaman Anda untuk membeli barang
yang Anda inginkan. Jadi kehadiran website ini akan mempermudah aktivitas Anda
dalam melakukan kegiatan berbelanja.
Dampak-Dampak dari Ekonomi web
Iklan
"Iklan adalah komunikasi non personal informasi biasanya dibayar dan
biasanya persuasif di alam tentang produk, jasa atau ide oleh sponsor
diidentifikasi melalui berbagai media." Manfaat
iklan yang terbesar adalah membawa pesan yang ingin disampaikan oleh produsen
kepada khalayak ramai.
Iklan
merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan barangan, perkhidmatan, peluang
pekerjaan, inspirasi dan maklumat kepada yang ingin disampaikan.
Walaupun periklanan bukan saluran media massa tetapi sejarah dan perkembanganya berkait rapat dengan sejarah dan perkembangan media massa. Revolusi percetakan dan penciptaan alat cetak oleh Johannes Gutenberg pada 1440 merupakan peristiwa paling penting dalam permulaan kegiatan periklanan di dunia.
Walaupun periklanan bukan saluran media massa tetapi sejarah dan perkembanganya berkait rapat dengan sejarah dan perkembangan media massa. Revolusi percetakan dan penciptaan alat cetak oleh Johannes Gutenberg pada 1440 merupakan peristiwa paling penting dalam permulaan kegiatan periklanan di dunia.
Beberapa
dampak dalam bidang ekonomi dari periklanan antara lain :
1. Dampak terhadap produk
Kepercayaan terhadap produk meningkat dan memperkuat daya beli konsumen sehingga pabriknya harus memproduksi lebih banyak lagi untuk memenuhi selera konsumen.
2. Dampak terhadap Media
Media akan mendapat keuntungan , karena pengiklan (melalui biro iklan) memesan ruang dan waktu yang dimiliki oleh media untuk digunakan bagi penyebaran pesan tentang produknya.
3. Dampak terhadap Perusahaan
Dengan periklanan maka banyak orang mengenal nama pabrik, bagaimana cara bekerjanya, kemajuanmanagemennya, siapa sebenarnya menjadi otak dibalik kesuksesan, perkembangan perburuhan, teknologi yang digunakan.
4. Dampak terhadap para pesaing
Dengan adanya iklan suatu perusahaan akan mengakibatkan pabrik lain akan berusaha memproduksi barang yang sejenis ataupun substitusi lainnya.
5. Dampak terhadap Konsumen.
Konsumen mempunyai pilihan yang lebih banyak dan bervariasi terhadap produk yang sama maupun substitusi
6. Dampak terhadap Bisnis dalam Masyarakat
Iklan mengakibatkan terbentuknya suatu jaringan bisnis apakah itu jaringan bisnis baru maupun memperluas jaringan bisnis yang lama. Semuanya berdampak pada pemerataan pendapatan.
7. Dampak kepentingan Produksi Massal
8. Dampak Terhadap Nilai suatu Produk
Periklanan mempunyai dampak terhadap nilai suatu produk karena :
1. Periklanan dapat memperlihatkan penggunaan suatu produk tertentu.
2. Periklanan dapat menambah nilai yang lebih positip .
3. Menambah nilai ekonomi untuk barang maupun jasa tertentu dalam pandangan konsumen
9. Dampak pada Harga
Menambah nilai suatu produk maka dampak berikutnya adalah penambahan biaya iklan untuk produk itu pada media.
Penjualan online
Penjualan online adalah aktifitas jual
beli produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang didukung
dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan internet.
Pengaruhnya:
· Para produsen
maupun konsumen akan terbiasa menjual maupun membeli produk dan jasa secara
online sehingga tidak ada hambatan sekalipun jarak itu antar negara.
· seseorang lebih
mudah untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang dan jasa via
online.
· Kemajuan teknologi akan meningkatkan
kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri
maupun pada aspek jenis produksi.
Lelang Online
Lelang online adalah harga yang ditawarkan. Dalam hal ini justru
semakin naik, yang ditawarkan oleh calon-calon pembeli yang berminat terhadap
barang tersebut. Lelang bisa digunakan sebagai sebuah bisnis.
keuntungan - keuntungan antara lain sebagai berikut :
1. Tidak Terbatas oleh Waktu
Dengan lelang online, Anda dapat melakukan penawaran kapanpun Anda mau, 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.
2. Tidak Terbatas oleh Tempat
Anda tidak perlu melihat wajah saingan saingan yang ikut menawar item favorit Anda, karena bisa jadi Anda dan mereka berdiri pada benua yang berbeda, tentunya selama tempat tersebut terjangkau Internet.
3. Jumlah Penawar yang Besar
Lelang online menyediakan ruang yang cukup sekalipun semua manusia di dunia berpartisipasi.
4. Jumlah Penjual yang Besar
Dengan adanya jumlah penawar yang besar, tentunya juga memicu penjual untuk memasang barangnya, tentunya ini harus didukung oleh kemudahan-kemudahan yang disediakan pada website yang bersangkutan.
5. Jaringan Ekonomi
Hal ini akan menimbulkan siklus ekonomi permintaan dan persediaan, menjadikan sebuah sistem yang berguna bagi pesertanya.
Web mempengaruhi perilaku sosial
Ada dua dampak yang
ditimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif.
Dampak Positif:
1. Lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan
2. Dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu
3. Mudah mencari informasi serta berbelanja / bertransaksi online pun dapat dilakukan.
Dampak Negatif :
1. Munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
1. Lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan
2. Dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu
3. Mudah mencari informasi serta berbelanja / bertransaksi online pun dapat dilakukan.
Dampak Negatif :
1. Munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
2. Adanya plagiatisme
3. Munculnya pencurian/hack
4. Bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri.
3. Munculnya pencurian/hack
4. Bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri.
Kesimpulan
Web science adalah studi
skala besar mengenai WWW(World Wide Web) untuk memahami apa itu web dan
mengeksplorasi topik terkait web yang telah berdampak di masyarakat dan
teknologi dan mempertimbangkan hubungan antara manusia dan teknologi. web science menggabungkan penelitian dari
disiplin ilmu yang beragam seperti sosiologi, ilmu komputer, ekonomi dan
matematika.
Komentar
Posting Komentar