Game Design
Game
Design
Game Design adalah proses mendesain atau merancang konten dan peraturan permainnan
dalam tahap pra-pembuatan dan perancangan tata permainan, lingkungan, alur cerita, dan
karakter selama pembuatan game. Game Design ini termasuk
kedalam dari game development, Dalam Melakukan Design Permainan memerlukan kemampuan artistik dan teknis
serta kemampuan menulis
dengan baik.
Dalam
Game design Memiliki Beberapa Elemen Yang Harus Dimiliki
-Narrative Design
-Character Design
-Level/Environment Design
-GamePlay & Mechanics Design
-User Interface Design
Didalam Game design Memiliki beberapa
Yang Harus Dibuat Yaitu Skenario, skrip, Story Board.
Skenario urutan
Cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu
peristiwa dapat Berjalan lancar dan terjadi sesuai dengan harapan pembuat scenario.Skenario
Biasanya secara eksplisit
dinyatakan kepada pemain ,
baik melalui cerita atau sebagai kondisi kemenangan formal. Skenario
sangat diperlukan dalam pembuatan game, Skenario dalam game dapat berupa misi,
quest, episode, Stage, World atau Chapter Yang Ada Didalam Game.
Dalam Pembuatan
Game-Game Diperlukan adanya Sebuah Skrip. Skrip Adalah Pemrograman dalam tingkat kesulitan yang lebih rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi interpreter.
Kemudian
StoryBoard,StoryBoard adalah papan cerita, bentuknya menyerupai komik, dimana
ada gambar-gambar berurutan yang merangkai cerita, fungsinya untuk
memvisualisasikan naskah / cerita. Selain memvisualisasikan cerita, storyboard
juga berguna untuk memastikan sebuah film bisa diedit dan tidak kekurangan
gambar.StoryBoard Pada game sedikit
Berbeda dengan storyboard Animasi, dimana Pada StoryBoard game terdapat
goal/misi yang akan dibuat pada game itu
sendiri.Storyboard Pada game Menjelaskan alur permainan game itu sendiri seperti apa tergantung dari genre game tersebut. ada
Beberapa Software dalam Pembuatan StoryBoard Seperti Studiobinder, MovieStorm, frameforge, Shot Pro, Toon boom,
dll.
ToonBoom StoryBoard Pro
Seperti
Di tulis Diatas Toonboom Adalah Sebuah software untuk membuat StoryBoard. Perangkat
lunak animasi Toon Boom memberi Anda banyak kendali atas proyek animasi 2D
Anda. Dengan program ini, Anda bisa memilih lima teknik animasi yang berbeda:
animasi kertas tradisional, animasi digital, cut-out dan animasi boneka,
rotoscoping, dan stop-motion. Anda juga bisa mencampurnya bersama-sama untuk
beberapa efek menarik.
Fitur tulang-rigging program
membuat gerakan karakter Anda terlihat alami, meskipun Anda juga dapat memilih
untuk membuat gaya berjalannya tidak alami. Fitur menguliti bawang membantu
Anda mengendalikan gerakan dan waktu setiap animasi dengan menunjukkan gambar
Anda sebelumnya di bawah sketsa berikutnya - ini membantu menciptakan gerakan
yang mulus. Ada juga animasi pasak untuk memetakan jalur pergerakan karakter.
Perangkat lunak ini secara otomatis menjiwai langkah-langkah antara dua titik
dengan menggunakan animasi frame-by-frame atau keyframe.
Software Toonboom awalnya pada tahun 1996, membeli bisnis pengembang
software yaitu USAnimation Studios. Awalnya layanan produk animasi Toon Boom
akan digabungkan dalam CST Entertainment, namun penggabungan itu tidak
pernah terjadi hingga USAnimation berubah nama menjadi VirtualMagic Animation
yang beroperasi secara independen, namun Toon Boom tetap melanjutkan
pengembangan software tersebut yang akhirnya dikenal sebagai Toon Boom Opus.
Beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 2006 Toon Boom membeli saham sebuah perusahaan Perancis bernama Pegs'n Co. Namun, setelah bekerja sama, perangkat lunaknya tidak dapat dibeli serta diperbaharui atau bisa dikatakan gagal.
Kemudian pada tahun 2009, Toon Boom melakukan hal yang sama kepada sebuah perusahaan Inggris bernama Cambridge Animation System, pengembang Animo. Namun, terjadi lagi masalah yang sama yaitu mengalami kegagalan.
Namun pada tahun 2012, Toon Boom dibeli oleh Corus Entertainment dan merupakan awal dirilisnya Toon Boom Produser.
Beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 2006 Toon Boom membeli saham sebuah perusahaan Perancis bernama Pegs'n Co. Namun, setelah bekerja sama, perangkat lunaknya tidak dapat dibeli serta diperbaharui atau bisa dikatakan gagal.
Kemudian pada tahun 2009, Toon Boom melakukan hal yang sama kepada sebuah perusahaan Inggris bernama Cambridge Animation System, pengembang Animo. Namun, terjadi lagi masalah yang sama yaitu mengalami kegagalan.
Namun pada tahun 2012, Toon Boom dibeli oleh Corus Entertainment dan merupakan awal dirilisnya Toon Boom Produser.
Toon
boom Ini memiliki Beberapa fitur yang menjadi kelebihan dari aplikasi ini dari
aplikasi storyboard yaitu
-Efisiensi waktu
-Mengurangi waktu
proses, import, eksport dan switching
-Dapat menggabungkan gambar, video, animasi, skrip, suara.
-Kemampuan untuk kolaborasi ( dapat Memisahkan dan
menyatukan projek)
-Penghematan Biaya
-Kemampuan untuk
bekerja dalam satu lingkungan ( end-to-end)
Kesimpulan
Setelah penulisan di atas kita mengetahui hal-hal yang
perlu di buat dalam Pembuatan dari story board . Diperlukan Pembuatan Dari
Skenario, Skrip, dan Story Board. Dan Didalam Proses pembuatan game design baik
di bagian scenario, skrip, storyboard harus memiliki elemen-elemen Penting
Dalam Game Design.
Referensi :
-Materi PTG - Game Design
https://www.toonboom.com/products/storyboardpro
https://studioantelope.com/apa-itu-storyboard/
https://www.studiobinder.com/blog/best-storyboard-software-free-storyboard-templates/
Referensi :
-Materi PTG - Game Design
https://www.toonboom.com/products/storyboardpro
https://studioantelope.com/apa-itu-storyboard/
https://www.studiobinder.com/blog/best-storyboard-software-free-storyboard-templates/
bagus
BalasHapus